GAMBAR PENGEBORAN

Oleh: IRGI RAFAEL


Memindahkan Anjungan Minyak Raksasa

Memindahkan barang bukan pekerjaan yang sulit kecuali yang satu ini. Bukan hanya sulit tapi juga berat... Seperti halnya membuatnya, diperlukan rekayasa teknik yang mumpuni untuk memindahkan anjungan minyak raksasa ini.


Objek Terbesar yang Pernah Dipindahkan

Sebuah anjungan minyak lepas pantai raksasa ditarik menuju lokasi lepas pantai. Tahun 1996 Troll A ini pernah menjadi platform lepas pantai terbesar di dunia di Guiness World Record. Tingginya menjulang hinggan 500 meter dengan berat mencapai 656.000 ton! Pernah menjadi objek buatan manusia terbesar yang pernah ditarik sebelum kemudian dipatahkan oleh Petronius milik Texaco.


Lebih besar dari semua pesawat kargo, lebih tinggi dari hampir semua menara TV, wahana ini butuh tim kapal-kapal titanic untuk menyeretnya ke lokasi lain. Bayangkan cipratan airnya jika benda ini roboh!


Beratnya saat diseret adalah sebesar 1,2 juta ton, tinggi 472 meter, dengan struktur di bawah air setinggi 369 meter, dan beratnya: 656.000 ton... Tidak banyak orang menyadari bagaimana sesungguhnya tinggi benda ini. Berikut ini perbandingannya dengan menara Eiffel.


Bandingkan juga tinggi dari beberapa anjungan minyak lainnya dengan bangunan-bangunan tertinggi di dunia ("Troll A" tidak ada dalam gambar, tapi tingginya mencapai 472 meter):


(ini adalah anjungan lain di Laut Utara yang sedang ditarik, lengkapnya di sini)

Yang ini bukan anjungan, melainkan gunung es saat disingkirkan!


Raksasa-raksasa Penghirup Minyak

Troll A bukan satu-satunya (lebih lengkap di sini). Ada beberapa monster lagi di ladang minyak Laut Utara - yup, inilah si "B" dan "C".



Yang ini Troll A:



Wahana gas Goldeneye di Laut Utara sebelah utara, Inggris, kelihatan kecil dibanding dengan tinggi Troll A yang 500 meter (kanan):


Yang ini dilihat dari dalam kolomnya:



Usaha memindahkan wahana ini hanya sebanding dengan membuatnya (konstruksi Troll A pernah dianggap pencapaian rekayasa manusia terhebat hingga penghujung abad 20). Kehebatan konstruksinya jelas terlihat pada gambar-gambar ini: itu kapal-kapal adalah kapal besar, bukan perahu!



Bagaimana Troll A dirakit dan dipindahkan sangat luar biasa. Biasanya kaki-kaki anjungan dibawa di sampingnya dan kemudian - dibantu alat apung - dijatuhkan di lokasinya (tenggelam di perairan). Yang satu ini, seluruhnya dirakit di satu lokasi, dan lalu diapungkan!



Di bawah ini merupakan gambar yang menunjukkan betapa besarnya anjungan ini - melihat interior rig "StatOil" lebih dari 1,5 kilometer sebelah barat Sleiper West di Laut Utara:



Yang ini anjungan "Nortrym" di Statfjord - aslinya bukan cuma satu. Lihat bagian kanan bawah untuk lokasi unit-unit ini:






Kompleks pengembangan minyak dan gas Ekofisk, 200 mil dari Norwegia:




Anjungan Minyak Menghadang Ombak Samudera

Rig minyak raksasa seringkali berhadapan langsung dengan ganasnya samudera dan terkadang mengalami keruskan serius karenanya, terutama yang tertambat ke satu tempat dan tidak mudah dipindahkan jika badai mendekat.



Anjungan minyak "Borgila" dan "Nortrym" merupakan sekian dari banyak yang terkena dampak dari badai topan dan kemungkinan terjadinya kebakaran dan kebocoran minyak:




Bencana akibat tumpahan minyak akhir-akhir ini membuat manusia memikirkan kembali upaya keselamatan dari anjungan.




Anjungan minyak "Gullfaks C" bertahan dari keganasan alam, badai Laut Utara (dengan tinggi ombak mencapai 7 meter).



Suatu model gelombang dibuat untuk menguji anjungan minyak (lebih lengkap di sini dan video ganasnya ombak di sini):



Terakhir - berikut ini gambar yang menunjukkan "Troll A" sedang dihantam badai.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar