peluang usaha
Powered By Blogger
Oleh: IRGI RAFAEL

Mengedit Foto Dalam Tiga Menit.


Mengedit foto menggunakan Adobe Photoshop disaat yang tepat bukan hanya salah satu cara untuk menghabiskan waktu, lebih dari itu merupakan cara menuangkan imajinasi menjadi bentuk yang bisa dilihat, dan dinikmati. Intinya adalah penyaluran ide. Seseorang merasa berarti dalam hidupnya ketika keinginan untuk mengungkapkan sesuatu diberi kesempatan dan diberi waktu. Apakah anda tidak sepakat sejauh ini?

Baiklah, photoshop tidak memerlukan kajian filosofis, dan tidak perlu seorang Habibi untuk menjelaskan bagaimana cara mengedit photo dengan Adobe photoshop? Berapapun versi photoshop anda tidak selalu jadi faktor penentu, sejauh 'makhluk' bernama photoshop bisa anda kendalikan seperti yang anda mau, hasilnya bisa menakjubkan. Namun bagi saya, ini hanyalah hobby, jadi seseorang jangan menganggap telah menemukan tutorial photoshop kaliber master, Ben Willlmore. Saya hanya mencatat beberapa yang saya tahu tentang trik-trik mengedit foto menggunakan adobe photoshop, sebagai koleksi, dan satu saat jika saya lupa, saya sudah tahu di mana menemukannya. Jika berguna buat anda, semoga itu menjadi kebaikan buat saya.

Sederhana saja, inilah foto yang saya edit menggunakan hue/saturation. Silahkan dibandingkan sebelum dan sesudah diedit:





Sebelum di edit menggunakan hue/saturation, kombinasi Reds, Cyans, Yellow, Green, fasilitas pengaturan warna dalam adobe photoshop, foto standarnya seperti di bawah ini:


Hasil akhir seperti di bawah ini:



Photo pertama adalah standard ponsel Symbian S60 1 megapixel, karena itu kelihatan agak kusam dan dekil. Jika anda ingin "exist" di facebook, paling tidak anda membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk mengedit foto menggunakan hue/saturation. Caranya adalah: Open, (buka foto yang mau di edit) lalu temukan Hue/Saturation.

Untuk mencapai tampilan ini, sejatinya dengan mengklik: Image - Adjustment - Hue/saturation. Ada beberapaa pilihan warna, tapi jika ingin merubah warna secara umum, tidak perlu mengganti tab "Master" dengan yang lain, maka foto bisa di edit dalam photoshop secara keseluruhan.

Tapi jika ingin merubah satu warna, atau warna tertentu saja mengganti dengan warna lain, maka pilihannya tidak menggunakan edit "Master". Klik saja dan ada beberapap pilihan warna didalamnya, seperti ini:



Dengan mengklik Reds, dan menarik panel Hue, Saturation, Lightness secara horizontal, maka warna foto bisa di edit dan dibalance sesuai nilai artistiknya. Klik Yellows jika hanya bagian yang kuning yang perlu di edit, Klik Green jika hanya warna hijau yang perlu di edit, demikian seterusnya. Namun Semua warna itu bisa diedit satu persatu untuk menemukan pola yang lebih bagus lagi.
Beberapa Contoh:



Jika palet dalam posisis biru (Blues):




Biru seperti ini bisa transformasi:




Contoh mengedit foto menggunakan hue/saturation dari photoshop versi green:




Hasilnya seperti ini:




Memainkan warna kuning (Yellows):







Hasilnya:

Demikian seterusnya, Reds, Cyans, dan Magenta, bisa dicoba sekaligus maupun satu persatu.
Pada akhirnya, seperti yang diduga sebelumnya foto telah menemukan jalannya, dan ditutup sebuah ucapan: "Ooh, ternyata cuma begitu doang!" Benar, hanya sesederhana itu, 3 menit dan foto menjadi lebih indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar